PATEN
Bidang perijinan ini telah menjadi program secara nasional yang mana sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Kecamatan (PATEN), dan diharapkan maksimal 5 (lima) tahun semenjak dikeluarkannya Permendagri ini semua kecamatan seluruh Indonesia telah menerapkannya.
Dalam pelaksanaannya diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP). SOP digunakan sebagai acuan dalam pelayanan kepada masyarakat, dengan SOP dapat diukur ketepatan waktu, penanganan dan evaluasi pelayanan yang kita lakukan. Dijelaskan sebagaimana berikut :
-
-
- Standar Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
-
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya / Tarip |
: |
Sesuai dengan Perda Tarif IMB |
5. |
Produk |
: |
Sertifkat cetak IMB |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Pendaftaran Peternakan Rakyat (TDPR)
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya / Tarip |
: |
Tidak dibebankan biaya pelayanan |
5. |
Produk |
: |
Sertifikat cetak TDPR |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Surat Ijin Usaha Perdagangan Kecil (SIUP)
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Tidak dibebankan biaya pelayanan |
5. |
Produk |
: |
Sertifikat cetak SIUP |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Tidak dibebankan biaya pelayanan |
5. |
Produk |
: |
Surat IUMK, untuk diteruskan ke Bank |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Ijin Tempat Parkir Insidentil (PI)
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Biaya Retribusi Jasa Parkir diurus di UPT. Dishub, sesuai Perda Retribusi Jasa Parkir |
5. |
Produk |
: |
Surat Rekomendasi |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Ijin Reklame Insidentil
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Biaya Retribusi Jasa Parkir diurus di UPT. DPPKA, sesuai Perda Pajak Reklame |
5. |
Produk |
: |
Pengesahan Stempel pada media iklan/ reklame |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Pendaftaran Nomor Induk Kelompok Kesenian
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Tidak dibebankan biaya pelayanan |
5. |
Produk |
: |
Kartu cetak Induk Kelompok Kesenian |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Ijin Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP)
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Tidak dibebankan biaya pelayanan |
5. |
Produk |
: |
Sertifikat cetak LKP |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Ijin Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM )
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Tidak dibebankan biaya pelayanan |
5. |
Produk |
: |
Sertifikat cetak PKBM |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Ijin Taman Penitipan Anak (TPA)
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Tidak dibebankan biaya pelayanan |
5. |
Produk |
: |
Sertifikat cetak TPA |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|
- Standar Pelayanan Ijin Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
Dasar Hukum : SK. Bupati Malang Nomor :188.45/714/KEP/421.013/2015
1. |
Persyaratan |
: |
|
2. |
Prosedur |
: |
|
3. |
Waktu Pelayanan |
: |
Jangka waktu penyelesaian pelayanan paling lama 1 hari dari penerimaan berkas yang telah memenuhi persyaratan. |
4. |
Biaya/ Tarip |
: |
Tidak dibebankan biaya pelayanan |
5. |
Produk |
: |
Sertifikat cetak TBM |
6. |
Pengelolaan Pengaduan |
: |
|
7. |
Prosedur penyelesaian Pengaduan |
: |
|