Logo

KECAMATAN DONOMULYO

Berbagai Potensi di Desa Argoyuwono Kecamatan Ampelgading

Selasa 8 Mei 2018 Dalam rangka Bina Desa (Bhakti Sosial Menata Desa)  sesuai dengan visi misi Kabupaten Malang Madep Manteb Manetep (M3) bertempat di Desa Argoyuwono Kecamatan Ampelgading, rekan Munir, reporter dari Radio Kanjuruhan melakukan wawancara Live di channel 97,3 FM dengan Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna. Mendekati Bulan Ramadhan 1439 Hijriyah, bina desa di Kabupaten Malang akan diganti dengan acara Safari Ramadhan yang mana pemerintah akan hadir di kecamatan-kecamatan untuk mengumpulkan para ulama dan tokok-tokoh masyarakat kemudian saling bersilahturahmi bersama-sama, tutur orang nomor satu di Kabupaten Malang ini.

Kemudian Bapak Rendra juga menerangkan potensi yang ada di Desa Argoyuwono Kecamatan Ampelgading yaitu Peternakan Kambing Peranakan Etawa (PE). Di daerah pegunungan petani sangat mudah mencari rumput untuk pakan kambing. Kemudian peternakan kambing di Desa Argoyuwono juga menghasilkan susu yang sangat menguntungkan bagi para petani karena harganya lebih dari susu sapi yaitu kalau susu sapi Rp 4000,- sedangkan susu kambing PE Rp 11.000,-, nanti juga pada waktu menjelang idul adha para petani menjual kambing-kambing tersebut. Jadi disini pertenakan kambing PE bukan hanya jadi pekerjaan sambilan bagi para petani tetapi sudah menjadi pekerjaan pokok.


Potensi yang dikembangkan di Desa Argoyuwono Kecamatan Ampelgading di bidang pertanian adalah salak pondo, pisang dan kopi. Bapak Rendra juga menjelaskan bahwa potensi yang ada di Desa argoyuwono dan di desa-desa yang sudah di bina dan diberi pelatihan agar menjual hasil pertanian dan perkebunan bukan berupa glondongan (mentah) tetapi terlebih dahulu diolah agar menghasilkan nilai tambah.


Untuk potensi di bidang pariwisata Desa Argoyuwono mempunyai Candi Jawar dan Coban Sewu dan lain sebagainya, untuk lebih dikenal oleh masyarakat dan mendukung branding Kabupaten Malang “The Heart of East Java”. Bapak Rendra Kresna menerangkan cara Pemerintah Kabupaten Malang dalam hal mempromosikan  pariwisatanya yaitu melalui brosur, leaflet, postingan dari facebook, whatsapp, instagram, twitter dan pameran-pameran resmi, karena sudah banyak pendapatan desa didapat melalui sektor pariwisata.


Memasuki bulan suci ramadhan dan idul fitri 1439 Hijriyah Bapak Rendra Kresna mengucapkan selamat menyonsong kehadiran bulan suci ramadhan bagi umat muslim. Kemudian juga menuturkan untuk umat muslim agar memperkuat ibadah supaya iman dan ketaqwaan semakin meningkat dan berbagi kepada orang yang masih kurang beruntung disekeliling kita, akhir kata Bapak Rendra menjelaskan agar meningkatkan keshalehan pribadi dan keshalehan sosial.   
(kharis/Bidkom)

Berita
MENEBAR BENIH INFORMASI DI DESA BANTUR

KIM Desa Bantur Suasana sosialisasi KIM di Desa Bantur             Selasa, 18 April 2017, Tim ...

Berita
Kelurahan semakin canggih dengan SIRUP

Rabu 22 April 2015 pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, Telah dilaksanakan pelatihan SIRUP (sistem informasi rencana umum pengadaan) para peserta tersebut adalah dari staf perwakilan SKPD dar ...