Ziarah Leluhur Dalam Rangka Rangkaian Bersih Desa Kedungsalam

Ziarah Leluhur Dalam Rangka Rangkaian Bersih Desa Kedungsalam

0 134

DONOMULYO, (12/10) – Bertempat Di Pendopo Desa Kedungsalam menggelar kegiatan bersih desa di pemakaman umum desa setempat. Acara dihadiri oleh Muspika,Dansatradar, Kerabat labuh, Purwolaras, Bpk.lpmd.karangtaruna, Paguyuban, sabdopanglaras jati, Paguyuban among gati, Reog singo manggolo yudho, Tomas dan toga, masyarakat desa kedungsalam yang hadir kurang lebih 300 orang. Kegiatan bersih desa ini merupakan kegiatan rutin tahunan seusai panen raya. Uniknya dalam acara bersih desa ini, warga memberikan penghormatan kepada leluhur dengan memberikan rokok, jajanan maupun tumpeng. Warga sejak pagi menggelar doa kepada leluhur di pemakaman desa setempat. Tidak hanya menabur bunga, namun disetiap makam yang dikunjungi pewarisnya ini diberi makanan yang disukai leluhur semasa hidupnya. Ada yang diberikan jajanan, rokok maupun tumpeng lengkap dengan lauk pauknya.
Kegiatan bersih desa ini merupakan bentuk syukur warga Desa Kedungsalam, usai berdoa bersama di makam, warga melakukan makan bersama di makam. Kegiatan ini tidak hanya digelar di malam saja, namun di dua tempat lainnya yang ada di desa tersebut yakni di pinggir sungai serta rumah kepala dusun. Dalam satu hari warga melakukan doa bersama ini di tiga tempat,!!,(13/12).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>