Kegiatan

0 6

DONOMULYO (08/11) – Tim penilaian Panji- panji keberhasilan di sambut dengan baik di Kecamatan Donomulyo, acara di gelar di Gedung Lantai II Kecamatan Donomulyo. Kecamatan Donomulyo merupakan salah satu dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kecamatan Donomulyo, memiliki luas wilayah 192,60 km2 (lebih luas dari Kota Malang, 145,30 km2), dengan jumlah penduduk tahun 2016 sebanyak 62.596 jiwa. Untuk bidang Pendidikan, sudah berjalannya pembangunan infrastruktur sekolah yang lebih baik dan lingkungan sekolah yang sehat. Dalam hal pelayanan, di Kecamatan sudah adanya Paten (Pelayanan Terpadu Kecamatan) dengan 11 pelayanan perijinan, di Desapun juga ada Patas. Kegiatan penilaian hari ini, adanya pemaparan dari beberapa bidang diantaranya di bidang pendidikan oleh UPTD TK,SD dan PLS Donomulyo, bidang kesehatan, Bidang Lingkungan Hidup dan bidang pariwisata,!!,(11/12).

0 11

DONOMULYO (09/05) – Wisudawan SDN 01 Purworejo di hadiri langsung oleh Kepala Dinas Kabupaten Malang, Camat Donomulyo, kepala koordinasi UPT kecamatan Donomulyo, Kepala Desa Purworejo dan Wali murid wisudahan.Ada pun hiburan tersebut antara lain, pertunjukan tarian tradisional serta pagelaran wayang kulit oleh Siswa Anak didik SD 01 Desa Purworejo. “Perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya, namun menjadi langkah awal kalian untuk menuju ke kehidupan yang lebih baik lagi. Kepala Dinas Kabupaten Malang mengungkapkan, melalui kegiatan ini siswa diharapkan akan mampu mencintai budaya jawa. Sehingga perilaku maupun perbuatannya lebih baik. Sekolah berupaya agar siswa tidak merayakan kelulusan dengan konvoi. “Lulusan ke depan akan mampu menjadi generasi yang cerdas,”jelasnya.!!,(09/05).

0 12

DONOMULYO (09/05) – Camat Donomulyo menghadiri acara Wisuda Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Donomulyo tahun 2018, acara di selenggarakan sangat meriah, meski Cuaca saat Panas terik. Meskipun demikian tingginya antusiasme Peserta Wisuda menjadikan kegiatan tersebut semakin meriah, kegiatan di selenggarakan di Gedung Trisula Donomulyo. Berbagai macam hiburan yang di tampilkan dari Pendidikan Anak Usia Dini yaitu Pembacaan Puisi, Seni Tari Tradisional, sambutan Pidato dan masih banyak lagi hiburan yang di tampilkan. Acara dihadiri oleh, Kepala Desa Donomulyo, kepala UPTD Donomulyo dan orang tua wali murid Paud se-Kecamatan Donomulyo.

Pada sambutanya Camat Donomulyo memberikan Apresiasi kepada Panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat luar biasa tentunya menjadi motivasi kita Kedepan lebih meriah lagi dan lebih banyak Peserta Wisuda dengan meningkatkan Wajib Pendidikan anak usia Dini (PAUD),!!,(09/05).

0 17

DONOMULYO (07/05) – Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN), menggelar rapat Operasioal Ketahanan Keleuarga (Kampung KB) di Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo. Rapat yang dihadiri Camat Donomulyo, Kasubag BKB kab Malang, Kepala Desa Tlogosari, Bidan Desa Tlogosari dan Kader. Hal untuk melakukan evaluasi terhadap program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di masing-masing desa, yang akan dilaporkan serta wajib diketahui BKKBN pusat,!!,(08/05).

0 16

DONOMULYO (07/05) – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasioanal (Hardiknas) UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Donomnulyo mengadakan Gerak Jalan Santai Start Lapangan Dhomas Sakti, yang dihadiri Camat Donomulyo, kedatangannya Camat Donomulyo disambut oleh komunitas trail. Gerak Jalan Santai Madep Manteb dengan kegiatan antara lain Gerak Jalan Santai, Lomba mewarna Tingkat TK se Kecamatan Donomulyo dengan peserta kurang lebih 1.544 anak SMK/SMU, SMP, SD dan Masyarakat umum. Antusiasnya masarakat donomulyo yang mengikuti Gerak Jalan Santai tersebut dengan terjualnya tiket berjumlah kurang lebih 12.000 lembar, itu menunjukkan besarnya dukungan masyarakat donomulyo terhadap Hari Pendidikan Nasioanal (Hardiknas),!!,(08/05).

0 16

DONOMULYO, (06/04) – Perayaan bukan untuk mengabadikan keterpasungan Kartini pada masa itu, sebaliknya untuk memerdekakan perempuan dari keterbelakangan. Semangat Kartini untuk maju, dan bebas dari belenggu yang melingkupinya saat itulah yang ingin dikenang terus dengan peringatan tahunan ini. Dewasa ini, semangat Kartini untuk maju, menjadi inspirasi bagi banyak perempuan modern Indonesia.

Semangat kuat untuk belajar tetap bergelora pada anak gadis yang menginjak remaja itu, Kartini di rumah memanfaatkan waktunya untuk belajar sendiri. Ia memperdalam bahasa Belanda dengan cara menulis surat kepada teman-temannya yang berasal dari Belanda. Ia berkorespondensi dengan mereka. Salah satunya adalah Rosa Abendanon. Rosa inilah yang selalu menyemangati dan memberi dukungan kepada Kartini. Surat-surat Kartini itu kemudian diterbitkan menjadi buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”,!!(21/04).

0 13

DONOMULYO, (06/04) – Dalam rangka memperingati memperingati Hari Bumi (Earth Day) OPD Kecamatan Donomulyo bekerja sama dengan Sekolahan – sekolah dan anak didik melaksanakan kegiatan kerja bakti di halaman Sekolahan masing-masing. Hari bumi kebanyakan hanya diketahui dan diperingati para aktifis peduli lingkungan saja di seluruh dunia. Di sisi lain, peringatan hari Bumi sedunia sering dianggap sebagai ajang berkumpulnya para aktivis namun minim tindak lanjut secara nyata di lapangan. Berbagai kerusakan lingkungan hidup di bumi telah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan hidup serta mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam seperti longsor, banjir, angin topan, kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan. Kerusakan lingkungan disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri dan dampak negatifnya pun akan dirasakan oleh manusia juga. Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup. Upaya untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di bumi ini,!!,(03/04).

0 13

DONOMULYO, (06/04) Guna memantapkan program kinerja tahun 2018, bertempat di Ruang kerja Camat Donomulyo MARENDRA H. IRAWAN, S.STP, M.AP, di laksanakan Rapat staf yang dipimpin Camat Donomulyo Adapun peserta rapat koordinasi tersebut adalah Sekcam serta para Kasi, Kasubag dan Staf Kecamatan Donomulyo. Di dalam kegiatan tersebut, Camat Donomulyo berharap agar seluruh karyawan-karyawati Kecamatan Donomulyo untuk senantiasa meningkatkan kerja dan kinerjanya di dalam melaksanakan tugas, termasuk di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu diharapkan agar semua aparatur tidak cepat berpuas diri atas segaa sesuatu yang telah dicapai, tapi harus bisa menjadi lebih baik kedepannya guna meraih kinerja dan prestasi terbaiknya. Dalam rapat koordinasi tersebut, DMARENDRA H. IRAWAN, S.STP, M.AP, membahas beberapa hal, antara lain, proses EKTP dan KK, Musrenbang, Pertanahan, peningkatan Linmas, Bagian Keuangan, PBB. Dengan adanya koordinasi antara pimpinan dan staf, maka kedepan harapan organisasi agar tujuannya dapat tercapai dengan baik akan dapat terwujud, khususnya di SKPD Kecamatan Donomulyo.(03/04)..!!!

0 11

DONOMULYO (05/04) – Ketua TP-PKK Kabupaten Malang Ny JaJuk rendra kresna, meminta kader PKK Kecamatan Donomulyo agar mampu mendorong masyarakat, terutama kaum perempuan untuk berwirausaha sesuai dengan keterampilan. Hal ini disampaikan Ny JaJuk rendra kresna acara pelatihan penguatan kapasitas Kader PKK Kecamatan Donomulyo di Balai Desa Tulungrejo.Menurut Ny JaJuk rendra kresna, kader PKK perlu mendorong dan menggerakkan kaum perempuan di gampong-gampong untuk menjadi pengusaha sesuai dengan keterampilan yang mereka miliki sebagai upaya untuk menambah penghasilan dan membantu perekonomian keluarga walau dalam skala yang kecil.“Buat pelatihan-pelatihan untuk mereka, untuk modal usaha bisa kita bantu dari dana bergulir yang ada di Badan Pemberdayaan masyarakat kota.

Terkait dengan pelatihan penguatan kapasitas kader PKK, Ny JaJuk rendra kresna menilai kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang positif untuk SDM kader PKK sendiri yang nantinya diharapkan bisa ditularkan ke masyarakat.“Pelatihan ini perlu bagi kader PKK, kalau kadernya tidak memiliki kapasitas, bagaimana kita mampu menggerakkan,”. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatnya kemampuan kader PKK dalam mengelola administrasi PKK. Acara dilanjutkan dengan Pemberian santunan Kepada 20 anak yatim. Turut hadir pada kegiatan ini, Camat Donomulyo beserta istri, Staf Kecamatan Donomulyo, Kepala Desa Tulungrejo beserta Perangkat desa, 10 Ketua Penggerak PKK desa se-Kecamatan Donomulyo dan kader PKK desa,!!(03/04).

0 10

DONOMULYO, (29/03) – Pemerintah Kecamatan Donomulyo menggelar sosialisasi Lembaga Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (LP3TP2A) Kecamatan Donomulyo. Acara dihadiri oleh Kapolsek Donomulyo, Danramil Donomulyo, Kepala Desa se Kecamatan Donomulyo dan Pendamping Desa. Selama ini, LP3TP2A menemukan banyak dari anak buruh migran menjadi korban kekerasan seksual. Data LP3TP2A anak-anak buruh migran banyak menjadi korban kekerasan seksual oleh orang terdekatnya. Strategi pertama adalah pelembagaan isu, dengan membangkitkan keperpihakkan multi stakeholder terhadap anak buruh migran, terekslusi serta perhatian penuh terhadap TKI tentang hidup yang lebih sejahtera. “Perlu membangun kebersamaan demi menyelamatkan anak buruh migran. Bisa branding isu, melibatkan multi stakeholder, inisiasi kelembagaan peduli di tingkatan masyarakat berbasis anak-anak, mengangkat kembali kearifan lokal sebagai dasar pendekatan,” Upaya lain, lanjut Hikmah, adalah melakukan perbaikan regulasi atau kebijakan yang peduli anak buruh migran. Mulai dengan mengadvokasi terbitnya peraturan daerah hingga peraturan desa.“Sampai fasilitasi forum anak dalam pembahasan musrenbang untuk penyusunan kebijakan anak buruh migran,!!,(03/05).