Keagamaan

0 5

DONOMULYO (31/12) – Dalam rangka memperingati malam Tahun Baru 2018 Dusun Purworejo Wetan Desa Purwodadi mengadakan Pengajian Guna menyambut pergantian tahun 2018 yang dihadri oleh Tiga Pilar Kecamatan Donomulyo, Kepala Desa Purwodadi beserta perangkat, masyarakat Desa Purwodadi dan Jamaah warga Dusun Purworejo wetan. Camat Donomulyo Marendra H. Irawan .STP, M.AP, beliau mengatakan, pengajian akbar yang saat ini digelar dalam rangka memperingati datangnya pergantian tahun baru 2018.“Tujuannya selain bentuk ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi antara aparatur pemerintahan desa dengan masyarakat Purwodadi,” terangnya “Mudah -mudahan melalui kegitan ini dapat membawa berkah bagi kita semua. Juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan diri dalam beribadah kepada Allah SWT. Dan menjadikan momentum dalam menjalin kebersamaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ,!!,(17/01)

0 17

DONOMULYO, (04/12) – Sesuai dengan tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang dituntut selalu hadir ditengah – tengah masyarakat. Pengajian sekaligus rapat tiga pilar plus dilaksanakan oleh AKP Sardikan SE.SH bersama Marendra Hengky Irawan S.Stp, M.Ap selaku Camat Donomulyo, Danramil Donomulyo yang diwakili oleh Kataud Serma Sunarto, Budi Utomo SE Kepala Desa Sumberoto, Budiono PCM Muhamadiyah Donomulyo, dan para tokoh agama,santri serta warga sekitar pondok Ar-Rosydin Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Acara yang berlangsung aman dan tertib merupakan bentuk silaturahmi dalam rangka cipkon Kamtibmas menjelang Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur tahun 2018 mendatang. AKP Sardikan SE.SH mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan dengan acara tiga pilar ini maka warga mendapat informasi terkini baik pemerintahan maupun keamanan diwilayah Kecamatan Donomulyo dan agar warga Desa Sumberoto sekitar pondok dan para santri pondok Ar-Rosydin tetap membantu Polri untuk menjaga situasi yang kondusif dan agar tetap kompak serta tidak terpengaruh dengan perbedaan pilihan. Selain itu juga antisipasi paham radikalisme dan terorisme di lingkungan pondok maupun di lingkungan warga desa, ujar Kapolsek,!!,(27/12).

0 53

IMG_0028DONOMULYO (06/09) – Camat Donomulyo Marendra H. Irawan S.STP, M.AP membuka secara resmi pelatihan Dai- Da’iyah se Kecamatan Donomulyo. Acara dilaksanakan di Aula lantai II Kecamatan Donomulyo, dikesempatan yang sama, Camat Donomulyo Marendra H. Irawan S.STP, M.AP dalam sambutannya mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakan pelatihan ini, agar kader-kader sebagai da’iyah di setiap Desa bisa tergali. Dalam pelatihan tersebut peserta akan diberi dengan beberapa materi yang meliputi retorika dakwah dan propaganda, kepemimpinan da’i dan metode dakwah, serta prakteknya. sosok seorang Da’i/Da’iyah merupakan teladan di dalam masyarakat. Dalam penyampaian pesan ilmu-ilmu agama juga harus memperhatikan norma yang berlaku dalam masyarakat,!!,(07/09).

0 75

IMG_0019DONOMULYO, (22/08) – Kecamatan Donomulyo Menggelar rukyatul hilal Hari Raya Idul Adha di landasan Helipet Radar 221 TNI AU Ngliyep, yang di hadiri lansung oleh Bapak wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM., Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG, Bapak Camat Donomulyo, Kapolsek Donomulyo, Danramil 0818/11 Donomulyo, Dansat Radar TNI AU 221 Ngliyep, tokoh agamawan dari berbagai Ormas Islam dan Tamu Undangan lainya. Penetapan Hari Raya Idul Adha, berdasarkan penetapan awal Dzulhijjah 1438 H oleh ijtima, Hari Raya Idul Adha 1438 H Jatuh pada tanggal 01 September 2017. Bapak wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM, menyambut baik kegiatan ini dan berharap warga Malang menjaga persatuan dan kesatuan. beliau juga menyampaikan terimakasih kepada pihak tim hisab dan rukyat yang menyelenggarakan kegiatan ini.!!. (23/08).

0 83

WhatsApp Image 2017-06-29 at 12.05.20(1)DONOMULYO (24/06) – Penentuan 1 Syawal 1438 H 2017 Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kab. Malang mengadakan rukyatul hilal di Landasan helipet TNI AU 221 Ngliyep Desa Kedungsalam. Rukyatul hilal ini bekerjasama dengan pengadilan Agama, Pemkab Malang, BHRD, BMKG, Perguruan Tinggi, Ormas Islam, dan sejumlah tokoh/ahli hisab-rukyat. Setelah melakukan pemantauan secara intensif mulai pukul 17. 28 WIB sampai dengan 18.05 (sebagai batas ahir terlihatnya hilal) semua tim pemantau sepakat tidak dapat melihat hilal. Selanjutnya menunggu sidang isbat dari pemerintah.          ,!!,(29/06).

0 86

WhatsApp Image 2017-06-02 at 21.11.40(3)DONOMULYO (02/06)Bertempat di Rumah Kepala Desa Tlogosari, Camat Donomulyo Drs. Sumardi, MM, menghadiri Safari Ramadhan Tingkat Kecamatan Donomulyo yang di hadiri jamaah kurang lebih 50 orang. Hadir dalam acara ini, Camat Donomulyo beserta Jajarannya, Muspika Kecamatan Donomulyo, Kiyai dan Ulama se Kecammatan Donomulyo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Donomulyo Drs. Sumardi, MM, menyampaikan bahwa kegiatan safari Ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan aparat pemerintah dan masyarakat Desa Tlogosari. Selain itu juga diharapkan terjalin hubungan silaturahmi yang harmonis antara masyarakat dengan aparat pemerintah. Dengan adanya hubungan yang baik sekecil apapun informasi dari pemerintah dapat sampai ke masyarakat demikian pula sebaliknya, sehingga mudah dalam mensosialisasikan kepada warga. Acara Safari Ramadhan Kecamatan Donomulyo, dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar,!!,(05/06)

 

0 93

WhatsApp Image 2017-06-01 at 20.08.27(2)DONOMULYO (01/06)Camat Donomulyo Drs. Sumardi, MM menghadiri kegiatan Safari Ramadhan di Rumah Kepala Desa Tempursari, dalam rangka menyambut Bulan suci Ramadhan 1438 H. Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya adalah Muspika Kecamatan Donomulyo, Kepala UPTD, Kepala Desa (Kades) , para kiyai dan Ulama se- Kecamatan Donomulyo dan tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Donomulyo Drs. Sumardi, MM berkenan memperkenalkan diri sebagai pejabat yang baru yang menjabat Camat Donomulyo. Adanya acara ini, diharapkan untuk meningkatkan jalinan tali silaturahmi dengan sesama. Terlebih, sekarang ini memasuki bulan suci Ramadhan, bulan Ramadhan ini hendaknya seluruh masyarakat tetap bersama-sama menjaga situasi yang tertib dan nyaman, dan menjaga kerukunan antar umat beragama. “Mari kita sama-sama menjaga situasi yang sudah baik ini, ungkapnya’’.!!,(05/06)

 

 

 

0 115

IMG_0004DONOMULYO (26/05) – Untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan 1438 H Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kab. Malang mengadakan rukyatul hilal di Landasan helipet TNI AU 221 Ngliyep Desa Kedungsalam. Rukyatul hilal ini bekerjasama dengan pengadilan Agama, Pemkab Malang, BHRD, BMKG, Perguruan Tinggi, Ormas Islam, dan sejumlah tokoh/ahli hisab-rukyat. Setelah melakukan pemantauan secara intensif mulai pukul 17. 28 WIB sampai dengan 18.05 (sebagai batas ahir terlihatnya hilal) semua tim pemantau sepakat tidak dapat melihat hilal. Selanjutnya menunggu sidang isbat dari pemerintah. Dalam sidang isbat Pemerintah RI, Menteri Lukman menyatakan bahwa hilal terlihat di empat titik yaitu di NTT, Sulut, Jawa Timur, dan Kepulauan Seribu. Dengan hasil ini, maka mulai malam ini umat Muslim di Indonesia mulai melakukan ibadah shalat tarawih, dan dilanjutkan dengan puasa pada Sabtu paginya,!!,(30/05).

 

 

0 108

IMG_0059DONOMULYO (15/03) – Bunda PAUD Kecamatan Donomulyo Ny. Menik Sumardi berkunjung ke TK Paud Dusun Sumberpucung Desa Tulungrejo guna memberi motifasi dan bimbingan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Awal diperkenalkan tentang program Bunda PAUD, banyak masyarakat terutama orang tua bahkan pendidik PAUD yang belum memahami istilah dan pengertian Bunda PAUD. Hingga sekarang setelah beberapa tahun berjalan program bunda PAUD berdasarkan pengamatan penulis masih banyak masyarakat yang belum memahami konsepsi tentang bunda PAUD ini. Istilah dan pengertian dari Peran Bunda PAUD adalah sebagai simbol sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Sebagai figur Ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan di seluruh tanah air, mulai dari jenjang pemerintahan terendah Desa/kelurahan hingga Nasional, keberadaan Bunda PAUD dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan,!!,(16/03).

 

0 119

IMG_0011DONOMULYO () 08/03) – Bertempat di Aula  Kecamatan Donomulyo, Bagian Administrasi Kemasyarakatan dan Pembinaan mental Kabupaten malang (Bintal) menggelar sosialisasi/dialog peningkatan toleransi dan kerukunan umat beragama.

Hadir dalam acara tersebut Camat Donomulyo Drs. Sumardi MM, Kapolsek Donomulyo, Danramil 0818/11 Donomulyo, FKUB  Kabupaten Malang, ketua MUI kabupaten malang dan Ketua MUI Kecamatan Donomulyo, kepala Desa se Kecamatan Donomulyo, KUA Donomulyo, Dinas Itansi, Tokoh Agama dan Perwakilan Umat Kristiani dan Katolik Kecamatan Donomulyo.

Camat Donomulyo Drs. Sumardi MM,  saat membuka kegiatan tersebut mengatakan “bahwa pemerintah daerah dan masyarakat berkewajiban untuk menjaga dan memelihara stabilitas Kecamatan Donomulyo yang aman, tenteram, tertib serta bermoral dan beretika sebagai aspek penting dalam mendukung kelancaran roda pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Beliau berharap kegiatan sosialisasi ini akan bermakna strategis untuk memberikan pemahaman yang mendalam serta pola pikir terhadap cara pandang keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di kecamatan Donomulyo.

Sementara  Bagian Administrasi Kemasyarakatan dan Pembinaan mental Kabupaten malang (Bintal) saat membawakan laporan mengatakan, maksud dari kegiatan ini adalah agar tetap terpeliharanya stabilitas keamanan, ketertiban dan serangkaian kegiatan sosialisasi peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri nomor 9 dan 8 tahun 2006. Sedangkan tujuan adalah untuk memfasilitasi tugas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kabupaten Malang  yang sudah dibentuk dan memiliki hubungan yang bersifat konsulatif,!!,(13/03).